Cara Menghitung Biaya Plafon Gypsum Terbaru 2021

Cara Menghitung Biaya Plafon Gypsum Terbaru 2021

Sudah Tahu Bagaimana Cara Menghitung Biaya Plafon Gypsum?

Cara Menghitung Biaya Plafon Gypsum – Merupakan bagian dari suatu konstruksi bangunan yang memiliki fungsi sebagai langit-langit bangunan. Tujuan dari terpasang plafon yaitu untuk mencegah cuaca panas atau dingin supaya tidak bisa langsung masuk ke dalam rumah setelah lewat atap. Akan tetapi, saat ini plafon bukan hanya sekadar untuk menghambat panas atau pun dingin. Saat ini plafon juga sebagai hiasan yang akan semakin mempercantik interior suatu bangunan.

Biasanya membuat plafon dengan ketinggian tertentu dan akan terpasang variasi tidak selalu rata. Kemudian variasi tersebut lebih populer sebagai plafon drop ceiling. Jadi telepon akan lebih tinggi daripada yang lainnya.

Cara menghitung biaya plafon gypsum

Menghitung Biaya Plafon Gypsum

Saat ini salah satu material yang paling banyak memakai untuk jadi plafon adalah papan gypsum. Papan gypsum sendiri memang lebih efektif untuk menggantikan plafon konvensional karena lebih praktis, mudah pengerjaannya dan lebih banyak fitur unggulan. Mulai dari tahan api sampai dengan dapat meredam suara.

Sedangkan untuk cara menghitung biaya plafon gypsum, maka biasanya ada yang menggunakan tukang harian dan material serta bahan-bahannya semua pemilik bangunan mudah mendapatkannya. Selain itu ada juga yang menggunakan sistem borongan yang mana semua biaya sudah termasuk bahan serta metode penghitungan biayanya adalah sebagai berikut:

Menghitung Biaya Plafon Gypsum Sistem Harian

Contoh untuk cara menghitung biaya plafon gypsum sistem harian. Misalnya perhitungan volume pekerjaan plafon untuk kamar tidur berukuran 3 x 3 m dan akan terpasang plafon gypsum berukuran 120 x 240 cm. Maka berapa jumlah papan gypsum, lis gypsum dan juga rangka plafon yang harus tersedia?

Nah, untuk memperkirakan harga pekerjaan plafon tersebut maka pertama-tama kita menghitung luas ruangan yakni: L = 3 x 3 m = 9 m².

  • Menghitung Kebutuhan Papan Gypsum

Kapan gypsum satu lembar yang berukuran 1,2 x 2,4 m jadi instruksi 2,88 m. Maka untuk kebutuhan gypsum 9 bagi 2,88, yaitu 3,12 dan genap menjadi 4. Jadi membutuhkan papan gypsum sebanyak 4 lembar.

menghitung papan gypsum

  • Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon

Untuk ukuran ruangan 3 x 3 m, maka rangka hollow yang terpasang pada dinding sepanjang 3 meter x 4 batang, yakni 12 m¹. Panjang hollow 4 meter dan itu artinya ada sisa. Kemudian potong ± 1 meter agar bisa untuk gantungan.

Untuk isi rangka per 60 cm. 300: 60 cm = 5 batang. Silang 4 x 4 cm x 3 m x 2 batang. Ukuran plafon adalah 9 m², maka kebutuhan rangka hollow, yaitu 3 meter x 4 batang = 12 m¹. 3 m x 5 batang = 15 m¹. 4 x 4 cm x 2 x 3 batang = 6 m¹. Jadi, jumlah total kebutuhan rangka plafon yakni 33 m¹. Atau 10 batang berongga.

Untuk lis profil terpasang antara dinding dan plafon, maka kebutuhan lis gypsum, yaitu sepanjang 3 meter x 4 buah = 12 meter.

  • Menghitung Kebutuhan Cutting Plafon

Apabila finishing plafon dengan menambahkan cat, maka kebutuhan untuk menghitung cat plafon membutuhkan luas ruangan. Yakni 3 x 3 m= 9 meter, maka membeli cat cukup 5 kg saja (1 kaleng kecil).

cara reparasi plafon gypsum

  • Menghitung Biaya Tukang Plafon Gypsum

Penghitungan untuk komponen tukang sangat bervariasi dan tergantung dari masing-masing daerah. Akan tetapi, untuk tukang pasang gypsum rata-rata adalah Rp 100.000 dan tambah dengan pembantu tukang Rp 75.000 / hari.

Nah, dari uraian di atas tentang cara menghitung biaya plafon gypsum sudah bisa mendapat gambarannya, bukan? Untuk memilih jasa pasang plafon, maka Anda bisa menghubungi Mitra Gemilang Teknik yang bisa Anda akses juga website resminya pada www.gypsumbandung.web.id.